Senin, 24 April 2017

Untuk Calon Ibu yang Belum Tahu Panduan Masa Kehamilan, Artikel Berikut Ini Pasti Berguna !

Untuk Calon Ibu yang Belum Tahu Panduan Masa Kehamilan, Artikel Berikut Ini Pasti Berguna !

Baca Juga

Panduan Masa Kehamilan Untuk Calon Ibu

Menjadi calon ibu untuk pertama kalinya merupakan pengalaman yang unik. Sejumlah kekhawatiran kerap dialami oleh seorang calon ibu yang sedang menjalani masa kehamilan, diantaranya:

Untuk Calon Ibu yang Belum Tahu Panduan Masa Kehamilan, Artikel Berikut Ini Pasti Berguna !
Merasa bersalah jika Anda tak mengikuti semua saran atau nasihat seputar kehamilan yang diberikan orang lain.
Merasa stress dengan makanan atau berat badan.
Merasa risau dengan berbagai pendapat di keluarga.(biasanya ibu mertua )
Sering merisaukan berbagai keluhan kecil yang dialami. Termasuk pada berbagai masalah fisik, seperti sakit punggung, kurang tidur, suasana hati mudah berubah.
Terbawa dengan berbagai komentar buruk yang membuat kesal.
Terlalu mengkhawatirkan persalinan.
Dan sebagainya..


Untuk membantu mengatasi kekhawatiran itu, ada baiknya sista sekalian (juga buat agan-agan untuk memahami keadaan istrinya nanti) mengetahui fase-fase yang terjadi selama kehamilan minggu demi minggu berikut ini. semoga menjadi salah satu materi edukatif dan dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat keputusan-keputusan jika suatu saat mengalami kehawatiran-kekhawatiran seperti diatas.

Trimester adalah periode waktu tiga bulan kalender.
Usia kehamilan dibagi menjadi tiga trimester.


1. TRIMESTER PERTAMA

USIA KEHAMILAN 1 MINGGU

ada minggu pertama ini baru terjadi proses pembentukan antara sperma dan sel telur.

Kondisi Ibu:
Ibu belum banyak yang menyadari kalau dirinya hamil walaupun sudah telat datang bulan.
Kondisi Bayi:
Janin sudah memiliki bekal genetik 46 jenis kromosom. Pada masa ini embrio membutuhkan nutrisi berupa oksigen dari ibu.

SAMPAI USIA KEHAMILAN 12 MINGGU

Pada penghujung trimester pertama panjang janin sudah berukuran sekitar 7,6-10 cm dan beratnya sekitar 28 gram.

Kondisi Ibu:
Rasa mual dan lemas yang dialami ibu akan berangsur hilang. Keluhan-keluhan ibu akan menghilang dan selera makan ibu pun kembali normal
Kondisi Bayi:
Wajah bayi sudah lebih mirip rupa manusia. Jari-jari tangan dan kaki sudah terpisah sepenuhnya. Pada masa ini sistem sirkulasi dan sistem kemih mulai bekerja dan hati sudah bisa menghasilkan empedu.

Baiklah untuk usia trisemester pertama sudah dijelaskan diatas, waduh ternyata panjang juga ya..Untuk Usia kehamilan TRIMESTER KEDUA kita lanjut lagi yuuuk..

2. TRIMESTER KEDUA

USIA KEHAMILAN 13 MINGGU

Memasuki trimester kedua plasenta berkembang sempurna untuk menyediakan oksigen, nutrisi dan pembuangan limbah bayi.

Kondisi Ibu:
Letih dan mual yang kerap terjadi pada ibu mulai mereda dan ibu merasa lebih berenergi. Munculnya linea atau garis gelap memanjang di sekitar perut mulai dari daerah sekitar kelamin hinga pusar karena meregangnya kulit. Begitu juga pada bagian leher yang mulai terlihat berwarna hitam semu.
Kondisi Bayi:
Pada minggu ketigabelas jaringan dan organ yang sudah terbentuk dalam tubuh bayi tumbuh pesat dan mengalami pematangan. Jarinya yang unik telah teridentifikasi dengan baik. Kelopak mata, alis, bulu mata dan kuku sudah terbentuk. Gigi dan tulang menjadi lebih padat. Bayi sudah bisa menghisap jempol, menguap, meregang dan membuat wajah di dalam kandungan. Jika ibu menekan perut dengan perlahan dan ia merasakannya, bayi akan menunjukkan refleks dan bergerak seolah-olah seperti mencari puting susu. Jika kandungan ibu perempuan, ia sekarang mempunyai hampir 2 juta telur dalam indung telurnya, tetapi pada saat lahir jumlah ini akan berkurang menjadi sekitar satu juta.

SAMPAI KEHAMILAN 28 MINGGU

Pada masa ini bayi menyelesaikan perkembangan fisiknya. Bayi benar-benar mulai tumbuh dan mengisi ruang yang kosong dalam rahim.

Kondisi Ibu:
Naluri keibuan biasanya sudah mulai tumbuh. Kebanyakan dari wanita hamil mengalami kenaikan berat badan sekitar 5 kg pada masa ini. Terkadang terjadi pembengkakan yang tidak hanya pada kaki tetapi juga di tangan.
Kondisi Bayi:
Pada akhir bulan ketujuh, lemak mulai bertambah dan disimpan pada tubuh bayi. Saat ini bayi bisa memiliki panjang sekitar 38 cm dan berat sekitar 1-1,8 kg. Bayi kini bisa membuka matanya dan akan memalingkan wajah ke arah sumber cahaya terang yang terus menerus. Lapisan lemak semakin berkembang. Rambut halus dan kuku jarinya terus tumbuh. Otak bayi semakin berkembang dan meluas. Kepala pun sudah mengarah ke bawah. Namun paru-parunya belum sempurna. Kendati seperti itu, si kecil kemungkinan besar dapat bertahan hidup saat ia terlahir ke dunia.

3. TRIMESTER KETIGA

USIA KEHAMILAN 29 MINGGU


Posisi bayi saat ini mempersiapkan diri seperti posisi lahir dengan kepala mengarah kebawah.

Kondisi Ibu:
Ibu mulai merasakan ingin buang air kecil, karena letak janin yang mulai membesar dan mendesak kandung kemih. Beban yang harus dibawa ibu juga semakin besar sehingga membuatnya mudah capek dan lelah.
Kondisi Bayi:
Otak bayi berkembang pesat pada usia ini dan ia sudah dapat melihat serta mendengar. Bayi juga akan lebih sering menendang di dalam rahim ibu. Jika bayi Anda laki-laki, buah zakarnya akan bergerak dari tempatnya di dekat ginjal menuju selangkangan. Jika bayi Anda perempuan, klitorisnya relatif menonjol karena labia yang masih kecil belum bisa menutupinya. Kelenjar adrenalin bayi mulai menghasilkan hormon seperti androgen dan estrogen yang akan menstimulasi hormon prolaktin di dalam tubuh ibu sehingga membuat kolostrum. Sensitivitas dari bayi semakin jelas, hampir semua bayi bereaksi terhadap suara, cahaya, rasa dan bau.

SAMPAI USIA KEHAMILAN 40 MINGGU

Proses pembentukan telah berakhir dan bayi tengah menanti untuk dilahirkan.

Kondisi Ibu:
Dengan postur tubuh ibu yang besar pada minggu ini, ibu akan mengimbangi beban tambahan di bagian depan dengan mencondongkan tubuh ke belakang. Pusat gravitasi telah bergeser, sehingga ibu cenderung akan membentur atau menjatuhkan benda-benda. Ibu semakin sulit tidur nyenyak di malam hari, karena perut yang besar membuat semakin tidak nyaman.
Kondisi Bayi:
Hari besar sudah hampir tiba dan tak lama lagi Anda bisa memeluk bayi Anda. Pada minggu terakhir kehamilan ini, rahim semakin sempit baginya sehingga tubuhnya yang montok dan bulat itu hanya bisa meringkuk ketat. Kulitnya semakin halus dan lembut, dan mungkin masih terdapat verniks yang nantinya akan memudahkan perjalanannya melalui jalan lahir. Kuku-kukunya panjang dan mungkin telah menggores wajahnya yang lucu. Pada minggu terakhir ini, bayi akan semakin banyak menghasilkan hormon yang disebut kortison dari kelenjar adrenalnya. Ini membantu mematangkan paru-parunya dan menyiapkannya untuk udara pertama. Mengenai organ reproduksi, testis kebanyakan bayi laki-laki sudah turun. Pada bayi perempuan, ovariumnya masih berada di pinggir panggul dan tidak mencapai posisi final hingga setelah kelahiran.

Sumber : http://jagathawa.blogspot.co.id/2016/07/untuk-calon-ibu-yang-belum-tahu-panduan.html

Related Posts

Untuk Calon Ibu yang Belum Tahu Panduan Masa Kehamilan, Artikel Berikut Ini Pasti Berguna !
4/ 5
Oleh